Pengertian Teknologi Pembelajaran
Secara etimologi kata teknologi berasal dari
kata “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang
berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu, atau
pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.
Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan
praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa berarti keseluruhan
sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan
kenyamanan hidup manusia.
Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata ”instruction”
yang dalam bahasa Yunani disebut instructus atau “intruere” yang berarti
menyampaikan pikiran, dengan demikian arti instruksional (pembelajaran) adalah
menyampaikan pikiran atau ide yang telah diolah secara bermakna melalui
pembelajaran. Pengertian ini lebih mengarah kepada guru sebagai pelaku
perubahan.
Teknologi pembelajaran merupakan usaha
sistematis dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi keseluruhan proses
belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada
penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang
menggunakan kombinasi sumber manusia dan non-manusia agar belajar dapat
berlangsung efektif.
Tujuan dari teknologi pembelajaran adalah
untuk mempengaruhi dampak belajar. Ini terbukti dengan adanya perubahan
dalam pengetahuan keterampilan dan sikap dalam belajar karena adanya teknologi.
Pengertian Media Pembelajaran
Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses
belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang
pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan atau ketrampilan pebelajar
sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Batasan ini cukup
luas dan mendalam mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia dan metode
yang dimanfaatkan untuk tujuan pembelajaran / pelatihan.
fungsi dari Media
Pembelajaran. Antara lain sebagai berikut:
1.
Dapat memperjelas penyajian pesan dan
informasi.
2.
Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian
siswa.
3.
Dapat mengatasi keterbatasan indra, ruang dan
waktu
4.
Dapat mengatasi perbedaaan pengalaman dan
karakteristik pribadi siswa.
Manfaat
media pembelajaran
1.
Penyampaian materi pelajaran dapat diseragamkan
2.
Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
3.
Proses pembelajaran menjadi interaktif
4.
Efisiensi dalam waktu dan tenaga
5.
Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
6.
Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
7.
Media dapat menumbuhkan sikap positip siswa terhadap materi dan proses belajar
8.
Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Peranan
Media Pembelajaran
1.
Alat untuk memperjelas bahan pembelajaran pada saat guru menyampaikan
pelajaran. Dalam hal ini, media digunakan guru sebagai variasi penjelasan
verbal mengenai bahan pembelajaran.
2.
Alat untuk mengangkat atau menimbulkan persoalan untuk dikaji legih lanjut dan
dipecahkan oleh para peserta didik dalam proses belajarnya. Paling tidak guru dapat
menempatkan media sebagai sumber pertanyaan atau simulasi belajar siswa.
3.
Sumber belajar bagi siswa. Artinya media tersebut adalah bahan-bahan yang harus
dipelajari para peserta didik baik individual maupun kelompok. Dengan demikian,
akan banyak membantu tugas guru dalam kegiatan mengajarnya.
Karakteristik
Media Pembelajaran
1. Ciri Fiksatif yang menggambarkan kemampuan media untuk
merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau
obyek.
2.Ciri
Manipulatif, yaitu kamampuan media untuk mentransformasi suatu obyek, kejadian
atau proses dalam mengatasi masalah ruang dan waktu. Sebagai contoh, misalnya
proses larva menjadi kepompong dan kemudian menjadi kupu-kupu dapat disajikan
dengan waktu yang lebih singkat (atau dipercepat dengan teknik time-lapse
recording). Atau sebaliknya, suatu kejadian/peristiwa dapat diperlambat
penayangannya agar diperoleh urut-urutan yang jelas dari kejadian/peristiwa
tersebut.
3.Ciri Distributif yang menggambarkan kemampuan media
mentransportasikan obyek atau kejadian melalui ruang, dan secara bersamaan
kejadian itu disajikan kepada sejumlah besar siswa, di berbagai tempat, dengan
stimulus pengalaman yang relatif sama mengenai kejadian tersebut.
Jenis- jenis Media pembelajaran
1.
Media Audio
Media Audio
adalah media yang isi pesannya hanya diterima melalui indera pendengaran.
Dilihat dari sifat pesan yang diterima, media audio dapat menyampaikan pesan
verbal (bahasa lisan atau kata-kata) maupun non verbal (bunyi-bunyian dan
vokalisasi). Contoh media audio:
2.
Media Visual
Media visual
adalah media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual menampilkan
materialnya dengan menggunakan alat proyeksi atau proyektor, karena melalui
media ini perangkat lunak (soft ware) yang melengkapi alat proyeksi ini akan dihasilkan
suatu bias cahaya atau gambar yang sesuai dengan materi yang diinginkan. Contoh
media Visual :
3.
Media Audio-Visual
Media
audio-visual disebaut juga sebagai media video. Video merupakan media yang
digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Dalam media video terdapat dua
unsur yang saling bersatu yaitu audio dan visual. Adanya unsur audio
memungkinkan siswa untuk dapat menerima pesan pembelajaran melalui pendengaran,
sedangkan unsur visual memungkinkan penciptakan pesan belajar melalui bentuk
visualisasi.Contoh media Audio-Visual
wetz,, terlalu berat Blog ta, Coz bnyk Animasi Flashx,, :D
BalasHapus